Tuesday, January 04, 2011

Berhemat yang tidak murahan

Kalau anda ingin berhemat demi mendapatkan apa yang anda inginkan, itu bagus. Tapi kalau upaya penghematan anda membuat anda terkesan murahan, itu sangat tidak disarankan.

>> Hemat: Membeli barang-barang yang sedang sale
>> Murah: Hanya membeli barang-barang yang sale

Kita sering terjebak dengan barang-barang yang sedang sale. Ketika sedang ada di swalayan, kita lebih memilih sereal yang sedang diskon ketimbang sereal yang ada dalam list belanja kita.

Padahal, barang-barang yang sedang sale, kalau kita tidak teliti kadang masih lebih mahal dibanding barang-barang yang sudah ada dalam list belanja kita.

>> Hemat: Memberi tip
>> Murah: Tidak memberi tip sama sekali

Etika umum mensyaratkan kita memberikan tip untuk layanan tertentu. Tapi tahukah anda, kalau penyedia layanan itu gajinya kecil karena dianggap mereka bisa mendapatkan tambahan dari pemberian tip.

Bahkan di beberapa negara, penyedia layanan upahnya di bawah minimum. Sekarang, anda bisa memilih, tetap memberikan tip atau meninggalkannya sama sekali.

>> Hemat: Menyisihkan uang untuk menabung
>> Murah: Sebagian besar uang ditabung dan hidup dalam kekurangan

Menahan diri untuk tidak bersenang-senang lebih dulu sampai dengan tujuan tercapai, itu bagus. Tapi kalau sampai hidup dalam kekurangan, sepertinya harus dikaji ulang berapa besar yang harus ditabung dan untuk biaya hidup.

>> Hemat: Mengambil keuntungan dari hal-hal baik
>> Murah: Selalu mengambil keuntungan

Suatu misal anda sedang ada di coffee shop yang menyediakan isi ulang gratis. Ambil saja kesempatan itu selama anda masih ingin menikmatinya.

Tapi tidak kemudian besoknya dan besoknya anda ke sana lagi dan apalagi membawa teman-teman atau rekan bisnis anda. Bisa-bisa pihak manajemen coffee shop akan meniadakan free refills.

>> Hemat: Mengurangi biaya internet dan TV kabel
>> Murah: Mencuri wifi tetangga

Anda akan tetap bisa bertahan dengan budget internet yang terbatas. Tapi kalau anda memangkas semua biaya internet dan memanfaatkan wireless tetangga, itu sangat tidak sopan.

Kesimpulan

Penghematan yang dilakukan dengan mengambil keuntungan dari orang lain sangat tidak disarankan karena terkesan murahan.

Mengikuti trend yang sedang berkembang adalah sangat baik, tapi kalau itu harus menghabiskan sebagian besar penghasilan kita, kenapa harus dipaksakan?

No comments: