Tuesday, October 08, 2013

Tips agar tidur lebih nyenyak

Di hari-hari kerja, mungkin kita tidak sempat untuk tertidur nyenyak karena banyaknya pekerjaan di kantor dan di rumah. Weekend saatnya untuk melepaskan semua ketegangan dan beban pekerjaan sehingga tidur bisa lebih nyenyak.

Tidur merupakan aktivitas mendiamkan tubuh dan pikiran kita dalam beberapa waktu. Tidur juga dapat menenangkan kondisi jiwa dan pikiran yang sedang dilanda stress. Penting untuk menjaga kualitas tidur kita agar selalu baik. Kualitas yang baik ditandai dengan nyenyaknya kita tidur.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar tidur lebih nyenyak, berikut tipsnya:

1. Tetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. 
Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah anda tentukan, anda harus sudah pergi ketempat tidur. Lakukan ini setiap hari. Begitu juga dengan ketika anda bangun, anda harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah anda tentukan dan lakukan ini setiap hari. 

2. Hindari makan dan minum berlebihan menjelang tidur. 
Usahakan jangan minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol juga menjelang tidur karena bisa menganggu kenyamanan tidur anda.

3. Buat suasana kamar anda lebih nyaman. 
Mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup bisa membantu membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak. Usahakan mematikan tv sebelum berangkat tidur agar tidak menganggu tidur anda di larut malam dengan kondisi tv yang masih menyala.

4. Pilih tempat tidur yang nyaman. 
Dalam hal ini jangan terlalu sempit sehingga anda sulit bergerak dikasur atau tempat tidur yang anda tempati. 

5. Batasi waktu tidur siang.
Usahakan tidur siang selama 10-30 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur malam anda lebih nyenyak.

6. Olahraga rutin. 
Olahraga rutin di pagi hari bisa membantu membuat kualitas tidur anda lebih terasa nyenyak.

7. Rencanakan hari esok sebelum tidur.
Buat to-do-list untuk esok dan problem solving untuk semua masalah yang belum terselesaikan hari ini. Ini akan membuat tidur lebih berkualitas dan esok, ketika bangun tidur, Anda sudah siap untuk beraktifitas. 

Selamat mencoba!

Banner Sambil Jagain Si Kecil photo bannerPeluangKerjadariRumah2013_zps5c5ae292.jpg

No comments: