Wednesday, June 02, 2010

Soulmate dan Alzheimer

Belum berpasangan? Yuuuk..., buruan cari! Karena punya pasangan di usia setengah baya nantinya bisa mencegah kita kena alzheimer. Ini ada hubungannya dengan riset yang dilakukan oleh Karolinska Institute, Swedia.Perempuan yang bercerai atau yang ditinggal meninggal suaminya, tiga kali berisiko mengalami alzheimer di masa tuanya. Penyebabnya bisa karena stress yang diakibatkan dari berakhirnya hubungan itu.
Alzheimer adalah jenis kepikunan yang ditunjukkan dengan kemunduran fungsi intelektual dan emosional secara progresif dan perlahan sehingga mengganggu kegiatan sosial sehari-hari.
Riset ini juga menyebutkan kalau perempuan yang hidup seorang diri tanpa pendamping di usia setengah baya, dua kali berisiko terserang penyakit ini. Risikonya jadi makin tinggi kalau seorang perempuan mengalami dua kali perceraian, yaitu 7 kali lebih berisiko menderita alzheimer saat memasuki usia tua dibanding dengan yang hidup berpasangan.
Tapi tenang, karena alzheimer bisa dicegah dengan memberikan dukungan pada perempuan yang ditinggalkan oleh pasangannya. Selain itu juga disarankan bagi perempuan yang sudah atau masih single untuk melakukan diet, rajin berolahraga, dan rutin tes kolesterol dan tekanan darah agar tidak terkena alzheimer.

No comments: