Wednesday, August 04, 2010

Belanja Baik Untuk Kesehatan

Sebentar lagi udah masuk bulan Ramadhan. Buat yang nggak suka keluar-keluar saat puasa, biasanya mingu-minggu ini sudah mulai belanja-belanji, hehehe... Menghabiskan dana banyak? Phiiuuuhh..., nggak usah dipikirin deh, xixixi... karena belanja juga ada manfaatnya buat kesehatan kita :pBayangin deh, berapa lama kita menghabiskan waktu untuk mencari suatu barang yag cocok di sebuah pertokoan? dari satu toko jalan ke toko yang lain. Cocok barangnya, gak ada ukurannya. Cocok barangnya, gak cocok harganya. Cocok harganya, gak cocok warnanya :D Capek? Banget! Udah berapa kilo tuh, jalannya? hehehe...
Nah, kalo menurut hasil analisis para peneliti di Inggris, berjalan di antara toko-toko sambil menjinjing tas belanjaan yang berat bisa membakar 385 kalori per minggu bagi perempuan. Yippie! Bisa sekalian olahraga bo'...! Tapi meskipun hasil ini bisa menjadi alasan yang berguna bagi perempuan yang hobi berbelanja, tapi survei menemukan, kebanyakan dari mereka tidak mempertimbangkan manfaat kesehatan ketika memutuskan untuk pergi berbelanja. Sekitar 63 persen dari mereka yang disurvei tidak menganggap berbelanja sebagai latihan yang memadai, meskipun hasil riset menunjukkan bahwa perempuan rata-rata berjalan sebanyak 7.300 langkah dalam setiap perjalanannya. Jumlah ini mendekati rekomendasi NHS yang menganjurkan untuk melangkah 10.000 per harinya.
Sebenarnya olahraga dan menurunkan berat badan bisa dicapai dengan mudah melalui kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan kegiatan berbelanja. Karena itu, untuk lebih menyakinkan bahwa berbelanja bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lebih baik para perempuan menggunakan pedometer setiap kali mereka pergi berbelanja, wkwkwk... Asal setelah belanja enggak makan junk food karena kelaparan yaaa... ;)

No comments: