Thursday, December 30, 2010

Makanan pencegah kanker

Ada baiknya mulai sekarang kita membiasakan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, karena sudah terbukti bisa menghindarkan kita dari kanker.

Berikut 6 makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari:

1. Brokoli
Dibandingkan kol dan kubis, brokoli lebih banyak mengandung sulforaphane, senyawa yang bisa meningkatkan enzim pelindung tubuh dan bisa menggelontor bahan kimia penyebab kanker dari tubuh kita.


Tambahkan brokoli di setiap makanan anda, mulai dari salad, omelet, atau bahkan pizza! Brokoli bisa mencegah kanker payudara, hati, paru-paru, prostat, kulit, perut, dan kanker kandung kemih.

2. Berries
Semua buah berri mengandung phytonutriens yang bisa mencegah kanker. Tapi berri hitam, mengandung lebih banyak anthocyanins, yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Makan 1/2 cangkir sehari buah berri hitam bisa mencegah kanker kolon, kerongkongan, mulut, dan kanker kulit.

3. Tomat
Tomat mengandung lycopene dan karotenoid. Sebuah penelitian nutri dan kanker menyebutkan bahwa lycopene bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium. Setiap tahun hampir 8.000 orang meninggal karena kanker endometrium.

Tomat yang dimasak lebih efektif melawan kanker endometrium, paru-paru, prostat, dan perut. Proses pemanasan bisa meningkatkan jumlah lycopene dan tubuh lebih mudah menyerapnya.

4. Kenari
Phytosterols yang terdapat dalam kenari bisa memberlambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Menurut penelitian Elaine Hardman, PhD dari Marshall University School of Medicine di Huntington, Wes Virginia, makan 1 ons kenari setiap hari misa mengindarkan kita dari kanker payudaradan prostat.

5. Bawang putih
Perempuan yang lebih banyak mengonsumsi bawang putih 50% lebih rendah terkena kanker usus besar daripada yang sedikit mengonsumsinya.

Cincang bawang putih (cincangan akan membantu melepaskan enzim yang terkandung dalam bawang putih) dan taburkan ke dalam saus tomat yang kaya lycopene bisa mencegah kanker payudara, ususbesar, esofagus, dan kanker perut.

6. Kacang
Kacang yang dikeringkan lebih efektif mencegah kanker payudara. Mengonsumsi kacang akan meningkatkan kadar asam lemak butirat yang bisa menghambat pertumbuhan kanker.

Konsumsi setengah cangkir kacang beberapa hari dalam seminggu bergantian dengan sayuran lain bisa mencegah kanker payudara dan kolon.

No comments: