Monday, June 11, 2012

Kenali alergi makanan dan cara mengatasinya

Alergi makanan merupakan respons imun negatif terhadap protein makanan. Alergi makanan atau intoleransi makanan biasanya akan memengaruhi semua orang dan menimbulkan reaksi yang berbeda satu sama lain. Tidak semua alergi makanan atau intoleransi makanan akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

Kebanyakan alergi makanan sering terjadi pada anak di bawah usia empat tahun. Alergi kebanyakan dikarenakan susu, gandum, atau kedelai.

Faktor genetik dan lingkungan bisa memengaruhi munculnya alergi pada anak. Makanan yang banyak memunculkan alergi di antaranya sapi dan susu kambing, serta susu kedelai. Lalu ada pula semua produk susu yang telah diolah seperti, keju, susu kental, es krim, yoghurt.

Telur juga sering membuat orang-orang menjadi alergi. Karenanya perlu menghindari makanan yang terbuat dari telur, seperti kue, biskuit, dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, waspada dengan beberapa aktivitas berikut:
*Hindari makanan yang dicurigai dapat membuat kesehatan terganggu. Selektif memilih makanan
*Lakukan tes alergi kulit
*Pastikan bahwa setiap pilihan makanan yang dimakan telah dikonsultasikan ke dokter. Ketika alergi makanan telah ditemukan, pastikan semua daftar makanan tersebut dihilangkan dari makanan yang diasup setiap hari.

Ikuti Jumpa Pakar: "ATASI ALERGI, BEBAS BERKREASI"  
Info lengkap klik banner di samping.

No comments: