Tuesday, June 11, 2013

Tips mengenalkan teknologi pada anak

Sekarang ini tidak cuma orang dewasa yang menggunakan perangkat teknologi. Sangatlah jamak melihat anak-anak memegang gadget, sekedar bermain game, atau bahkan surfing di dunia maya.

Teknologi bagai pisau, jika digunakan dengan bijak akan sangat bermanfaat, sebaliknya jika digunakan sembarangan bisa merugikan kita.

Sebagai orang tua, tidak bijak juga jika kita melarang anak-anak bersentuhan dengan teknologi. Apa yang bisa kita lakukan agar anak bisa memanfaatkan perangkat teknologi dengan maksimal?

Luangkan waktu. 
Teknologi juga sarana pendidikan dan hiburan yang baik. Seperti halnya membaca atau bermain, masukkan kegiatan bermain teknologi dalam rutinitas harian untuk mengajarkan anak cara baru dalam belajar dan berinteraksi.

Jadikan belajar lebih menyenangkan.
Belajar tidak melulu harus duduk di depan meja dengan serius. Di internet ada banyak permainan yang bisa merangsang daya belajar dan nalar anak. Misalnya belajar huruf, angka, membaca, dan berhitung.

Tidak berlebihan.
Meskipun menggunakan sarana teknologi masuk dalam rutinitas harian, porsinya jangan melebihi aktifitas yang melibatkan fisik, seperti bersepeda atau bermain di taman dengan teman-temannya.

Ortu jangan gaptek. 
Anak tidak hanya mendapatkan paparan informasi dari rumah, tapi juga dari sekolah, teman-temannya, dan internet. Kadang anak justru lebih jago teknologi dari orang tuanya. Ada baiknya kita meluangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar teknologi agar tetap bisa memantau anak kita.

Tentukan Aturan dan Batasan.
Agar kita merasa 'aman', ada baiknya kita mengaktifkan fitur parental control dan alat keamanan komputer yang membantu mengawasi aktivitas online si kecil. Berikan batasan waktu dengan ketat.

  Banner Sambil Jagain Si Kecil photo bannerPeluangKerjadariRumah2013_zps5c5ae292.jpg

No comments: