Wednesday, July 31, 2013

Produk kosmetik yang aman

Pernahkah kita mencermati produk-produk kosmetik dan skincare yang kita pakai sehari-hari? Adakah bahan-bahan yang berbahaya di dalamnya?

Agar kita tetap sehat, yuk kita cermati bahan-bahan yang terdapat dalam produk kosmetik dan skin care. Beberapa produk ada yang mengandung zat karsinogen.

Kulit adalah pelindung bagi tubuh kita. Tapi sebenarnya kulit bukanlah organ yang tertutup, kulit memiliki pori-pori. Jadi ketika produk-produk yang mengandung zat karsinogen dioleskan ke kulit, akan sangat berpotensi untuk menembus semua lapisan dan masuk ke aliran darah. 

Beberapa zat karsinogen (zat yang bisa menyebankan kanker) yang terdapat dalam kosmetik dan skincare adalah:

1. Paraben 
Banyak digunakan sebagai pengawet dalam pelembab, bodywash, sampo, conditioner, shaving gel, dan pembersih wajah. Paraben bisa menyerupai esterogen yang mengakibatkan pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Ftalat 
Banyak digunakan pada cat kuku, parfum, deodoran, dan hairspray. Ftalat adalah bahan kimia yang banyak ditambahkan pada pembuatan plastik dan jika terpapar pada tubuh bisa mengakibatkan rusaknya sistem reproduksi, ginjal, jantung, dan fungsi hormon.

3. Sulfat 
Bahan ini digunakan untuk menciptakan busa pada sampo, bodywash, dan pembersih wajah. Sulfat bisa mengakibatkan iritasi pada kulit dan mata. Sulfat bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan mengendap di jantung, paru-paru, dan otak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sulfat bisa merusak sistem kekebalan tubuh.

Bahan-bahan itu sudah mulai digunakan pada produk-produk kosmetik dan skincare untuk remaja. Coba kita berhitung, dalam sehari ada berapa produk kosmetik dan skincare yang kita pakai dan sudah berapa tahun kita memakainya setiap hari? :(

Meskipun sekarang ini banyak produsen menggunakan bahan yang aman, tapi tidak ada salahnya untuk selalu mencermati label produk perawatan pribadi kita. Pilih merek yang tidak mengandung sulfat, paraben, atau ftalat.

Banner Sambil Jagain Si Kecil photo bannerPeluangKerjadariRumah2013_zps5c5ae292.jpg

No comments: