Wednesday, October 12, 2011

Bahan kosmetik berbahaya

Banyak yang mengira kalau kosmetik itu adalah alat make up. Kalau kita tidak suka dandan, dikiranya kita tidak pernah menggunakan kosmetik.

Padahal menurut BPOM, definisi kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan , mewangikan, mengubah penampilan dan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Dengan begitu, kosmetik yang dimaksud tidak hanya make up tapi juga mulai shampoo, pelembab, hand&body lotion, sampai dengan cat kuku. Nah itu artinya dalam keseharian kita tidak lepas dari yang namanya kosmetik.

Sebagai pengguna kosmetik, yuk kita cermati bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam kosmetik. Bahan berbahaya yang terdapat dalam kosmetik bisa menyebabkan kanker kulit.

1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) and Ammonium Lauryl Sulfate (ALS) 
Sering digunakan untuk campuran shampoo, pasta gigi, sabun wajah, pembersih badan dan sabun mandi. SLS dan ALS bisa menyebabkan iritasi kulit yang hebat dan kedua zat ini bisa dengan mudah diserap ke dalam tubuh. Setelah terserap, endapan zat ini akan terdapat pada otak, jantung, paru paru dan hati yang akan menjadi masalah kesehatan jangka panjang. SLS dan ALS juga berpotensi menyebabkan katarak dan menganggu kesehatan mata pada anak anak.

2. Bahan Pengawet Paraben 
Digunakan terutama pada kosmetik, deodoran, dan beberapa produk perawatan kulit lainnya. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan dan reaksi alergi pada kulit. Penelitian terakhir di Inggris menyebutkan, ada hubungan antara penggunaan paraben dengan peningkatan kejadian kanker payudara pada perempuan.

3. Propylene Glycol 
Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Studi terakhir juga menunjukan bahwa zat ini dapat merusak ginjal dan hati.

4. Isopropyl Alcohol 
Alkohol digunakan sebagai pelarut pada beberapa produk perawatan kulit. Zat ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri bisa tumbuh subur. Disamping itu, alkohol juga menyebabkan penuaan dini.

5. DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine) dan MEA (Monoethanolamine) 
Bahan bahan berbahaya ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan penggunaan jangka panjang diduga bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker ginjal dan hati.

6. Aluminium 
Sering digunakan pada produk penghilang bau badan. Aluminium diduga berhubungan dengan penyakit pikun atau Alzheimer’s.

7. Minyak Mineral 
Minyak mineral dibuat dari turunan minyak bumi dan sering digunakan sebagai bahan dasar membuat krim tubuh dan kosmetik. Baby oil dibuat dengan 100% minyak mineral. Minyak ini akan melapisi kulit seperti mantel sehingga pengeluaran toksin dari kulit menjadi terganggu. Hal ini akan menyebabkan terjadinya jerawat dan keluhan kulit lainnya.

8. Polyethylene Glycol (PEG) 
Bahan ini digunakan untuk mengentalkan produk kosmetik. PEG akan menganggu kelembaban alami kulit sehingga menyebabkan terjadinya penuaan dini dan kulit menjadi rentan terhadap bakteri.

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu lebih banyak menyermati label bahan yang terkandung dalam kosmetik sebelum membelinya.

Dari berbagai sumber

No comments: