Friday, January 13, 2012

Cara hemat setiap bulan

Ketika belum tanggal 10, keuangan sudah menipis, apakah anda berpikir akan mencari pekerjaan tambahan? Sebelum memutuskan untuk mencari tambahan, coba kita hemat dulu pengeluarannya. Siapa tahu hanya karena manajemennya aja :)

Berhemat bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang mungkin kita anggap tidak akan menghabiskan uang gajian anda sebulan, tapi kalau dilakukan terus menerus atau rutin, sama dengan mengurangi uang gajian.

Berikut ini hal-hal yang bisa lakukan dalam rangka penghematan:

Selalu gunakan uang cash
Kebiasaan menggunakan kartu kredit bisa membuat kita lepas kontrol dengan keuangan kita. menggunakan uang cash bisa sekaligus diketahui berapa banyak pengeluaran kita hari ini.

Biasakan mencatat
Mungkin ini sepele, tapi penting :) kebiasaan ini bisa menjadi panduan kita, apa saja yang penting didahulukan dan mana yang bisa kita tunda untuk membelinya.

Harus ada yang dipotong
Pulang ke rumah dan langsung nonton film di tv kabel memang menyenangkan. Tapi kalau yang menikmati hanya anda sendiri dan itu cuma 2-3 jam sehari, kenapa tidak dipotong saja? Begitu juga dengan biaya internet di rumah, kalau kita sudah memakai smart phone yang otomatis bisa internetan, ada baiknya mempertimbangkan sambungan internet di rumah :)

Lebih baik pinjam
Tiap minggu beli dvd untuk ditonton di rumah? Kenapa nggak mencoba untuk tukeran dengan teman? Membiasakan untuk pinjam jika barang tersebut hanya akan kita gunakan sekali atau dua kali saja.

Kreatif
Saatnya memberikan sesuatu yang personal pada seseorang yang istimewa. Pasangan tentunya akan lebih menghargai jika kita sendiri yang membuatkan kue ulang tahunnya :D atau memberikan kado dari hasil karya kita sendiri.



 

No comments: