Wednesday, February 22, 2012

Efek positif berpelukan

Siapa yang tidak suka dipeluk? Rasanya hampir semua orang suka dipeluk, apalagi kalau dipeluk sama pasangannya atau bahkan sang buah hati.

Ternyata pelukan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Pelukan bisa menyembuhkan sakit fisik dan psikis. Sentuhan yang dihasilkan dari pelukan bisa membantu mengurangi rasa sakit

Saat berpelukan, tubuh melepaskan hormon oxytocin, hormon yang berhubungan dengan persaan damai dan cinta. Hormon ini bisa membuat jantung dan pikiran jadi sehat. Semua bagian kulit kita memiliki organ perasa. Dari ujung kaki sampai kepala adalah area yang sesnsitif jika disentuh.

Bahkan ketika masih didalam kandungan pun, bayi sudah bisa merasakan sentuhan sayang orang tuanya. Efeknya adalah dia akan tumbuh menjadi bayi yang sehat dengan pertumbuhan yang bagus. Secara psikis, bayi akan tumbuh jadi seorang yang penyanyang.

Selain sehat, anak-anak yang sering dipeluk orang tuanya juga akan punya kepercayaan diri yang bagus. Orang tua pun, sering merasakan manfaatnya, apalagi saat mengalami depresi, stres, atau sedih.

Virgina Satir, seorang terapis keluarga bahkan mengatakan kalau untuk bertahan hidup, kita butuh 4 pelukan sehari. Untuk kesehatan, kita butuh 8 pelukan per hari dan untuk pertumbuhan, awet muda, dan kebahagiaan sedikitnya diperlukan 12 pelukan sehari.

Ini sama dengan terapi yang murah dan menyenangkan, priceless. Tapi tidak mudah untuk yang tidak terbiasa :)

No comments: