Wednesday, October 16, 2013

Merawat laptop agar awet

Rasanya sekarang ini tidak hanya pekerja kantoran yang menggunakan laptop dalam bekerja ya? Mahasiswa sudah pasti menggunakan juga, sekarang pelajar pun ada yang sudah diwajibkan untuk membawa laptop.

Bahkan ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah, perangkat satu ini harus ada.

Agar laptop awet, tentunya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawatnya:

^ Bagian laptop yang sangat sering disentuh adalah pada keyboard, kadang kita lupa bahwa tangan kita habis memegang sesuatu yang berminyak, atau abu rokok yang terselip diantara tombol-tombol keyboard, makanan atau debu yang membuat keyboard terlihat kotor. Cara membersihkan keyboard laptop yang benar adalah dengan menggunakan kuas yang bersih dan lembut, sapukan kuas tadi diantara sela-sela tombol agar kotoran hilang. Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner kecil yang menggunakan power usb dan banyak dijual dipasaran.

^ Bagian laptop berikutnya yang cepat kotor adalah pada layar monitor kadang kita secara tidak sengaja menyentuh langsung layar monitor laptop yang dapat meninggalkan noda. Untuk membersihkan layar monitor ini gunakan cairan khusus yang banyak dijual dipasaran dan biasanya dilengkapi dengan kuas halus dan kain lembut. Caranya pertama gunakan kuas halus untuk menghilangkan debu pada sisi layar, lalu semprotkan cairan khusus tadi pada kain halus yang tersedia atau gunakan kain katun. Usapkan kain yang sudah disemprot tadi pada layar monitor secara lembut dan perlahan, usapkan searah bisa dari kiri kekanan atau sebaliknya atau dari bawah keatas dan sebaliknya, jangan menekan terlalu keras pada permukan layar dan jangan menyemprot cairan khusus langsung ke layar.

^ Letakkan laptop pada tempat yang berhawa sejuk dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari khususnya ketika anda meninggalkannya dalam mobil, karena selain agar tidak kena panas yang berlebihan juga menghindari tangan jahil yang akan mencuri laptop kita (kalau yang ini laptop anda bukan hanya rusak tapi bisa hilang).

^ Bila laptop sedang tidak digunakan sebaiknya layar monitor ditutup, hal ini untuk menghindari jatuhnya kotoran, debu atau benda-benda disekitar yang bisa merusak layar monitor atau keyboard, kalau bisa gunakan kain pembatas antara keyboard dan monitor untuk menghindari goresan pada layar monitor. Biasanya kalau kita beli laptop baru, disertakan juga kain pembatas ini.

^ Gunakan tas khusus apabila laptop hendak dibawa bepergian, biasanya tas laptop memiliki pengikat dan berbahan lembut sehingga melindungi laptop dari benturan dan goncangan.

^ Bila laptop tidak digunakan dalam waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop dan simpan baterai tersebut dalam tempat yang kering.

^ Bila ingin menggunakan laptop di tempat tidur atau pada alas yang lembut seperti bantal atau sofa sebaiknya diberi alas yang memiliki permukaan datar seperti buku tebal dan lain-lain, hal ini agar sirkulasi udara atau hawa panas yang keluar dari laptop tidak terhambat yang membuat temperatur pada laptop tinggi.
^ Saat menggunakan laptop perhatikan indikator baterai, bila baterai masih cukup gunakan laptop dengan baterai yang masih ada dan hindari menggunakan laptop sambil mengisi baterai (charge). Bila ingin mengisi baterai sebaiknya laptop dalam keadaan mati.

^ Gunakan laptop ditempat yang datar dan cukup sirkulasi udara, hal ini untuk menghindari laptop terjatuh dan mengalami benturan serta sirkulasi udara yang cukup agar panas yang dikeluarkan oleh prosesor tidak terhambat.

^ Untuk mencegah virus yang akan merusak data pada laptop sebaiknya sebelum menggunakan flashdisk pada laptop agar diperiksa dahulu apakah flashdisk tersebut membawa virus atau tidak. Untuk ini sebaiknya diinstal antivirus pada laptop.

Sumber: Infonews.web.id 

Banner Sambil Jagain Si Kecil photo bannerPeluangKerjadariRumah2013_zps5c5ae292.jpg

No comments: